Selasa, 12 Oktober 2010

cara mengembalikan partisi yang hilang atau terhapus

partisi anda hilang? atau tidak sengaja terhapus?
haaaah!
yak, kaget adalah pekerjaan pertama yang mesti anda lakukan..
tapi jangan terlalu lama kaget, karena nanti bisa pusing, lalu shock, lalu stroke (ah sepertinya tidak sampai segitunya, ckck)
oke, sebelumnya saya ingin berbagi pengalaman (mohon dibaca siapa tau ada yang tau kenapa ini bisa terjadi, hmehehehe)
beberapa waktu lalu saya sedang mencoba dual OS linux dengan windows 7, tetapi saya telah menginstall windows 7 terlebih dahulu sedangkan yang biasanya saya lakukan untuk dual OS adalah menginstall linux terlebih dahulu, karena lebih mudah membagi partisinya..
saya ingin mencoba suasana yang baru dengan cara menginstall win 7 terlebih dahulu, lalu saya install linuxnya, ternyata pada langkah pembagian partisi tidak ada satupun partisi yang kosong!!!
padahal seingat saya, saya sudah menyediakan 1 partisi untuk  menginstall linux tersebut..
hemm, oke saya ga kehabisan akal doong, lalu dengan so' taunya saya manage partisi melalui windows 7..
benar saja, ternyata saya sudah menyediakan 1 partisi (local disk H) untuk di install linux..
lalu apa lagi yah masalahnyaa?? 
hemm pikir saya mungkin partisi kosong ini mesti di delete agar bisa dibagi lagi pada saat pembagian partisi di proses instalasi linux..
oke tanpa pikir panjang saya pun men-delete tuh partisi...
yeeeey bisaaaa, tapii.. tapiii... tapiiiiiiiii.....
partisi saya yang lain (local disk D dan E) ikut ter-DELETE!!!!!
#$!%#@#$@$#!#!#!$#!$@$#! (isi otak saya kala itu)
saya kaget sekaget-kagetnya, pusing sepusing-pusingnya, eitsss, ga sampe pada tahap shock dan stroke (hmehehe)
saya istirahat sejenak seolah tidak percaya apa yang barusan terjadi..
akhirnya saya tertidur pulas.. (groook~)
selesai....

ahahaha bercandaa....

oke lanjut, setelah saya tersadar ternyata sudah maghrib, saya pun segera ambil wudhu dan solat terlebih dahulu..
lalu dengan ditemani marlboro light yang selalu setia menemani saya, saya akhirnya pacaran dengan pacar saya yang ke duaratuslimapuluhenam (256) yaitu ayank google..
saya surfing ke beberapa web dan blog dan kawan"nya, dan ternyata caranya susah" banget sampai saya mencoba EASEUS Partition Master 6.1.1 Home Edition yang di posting oleh salah satu blog (maaf saya lupa alamat blognya, hee)
disana menyarankan agar saya mencoba menggunakan EASEUS Partition Master 6.1.1 Home Edition tanpa tutorial tapinya (-.-)
lalu saya mencoba sendiri dengan so' tau lagi, hahhaa
ternyata bukan hal yang sulit untuk mengoperasikan EASEUS Partition Master 6.1.1 Home Edition, ini adalah program yang simple, dan mudah untuk pemula seperti saya, heheee
alhasil PARTISI KU KEMBALIIII, UUYEEEEEEAAAHH!!!
oh syalala dududum syalala dududum (isi otak saya kala itu)
saya langsung sujud syukur kepada allah (serius)

dan berikut cara menggunakan EASEUS Partition Master 6.1.1 Home Edition

langkah 1:
download EASEUS Partition Master 6.1.1 Home Edition  disini   extract, lalu install..
lihat gambar, saya telah bereksperimen dengan menghapus partisi saya yang berlabel PARTISI YANG HILANG (H:) yang berisi folder kosong A,B,C,D dan E



langkah 2:
jalankan program EASEUS Partition Master 6.1.1 Home Edition seperti pada gambar
























langkah 3:
klik partition recovery























langkah 4:
lalu akan muncul tampilan ini dan klik next
























langkah 5:
pilih Automatic lalu next dan lihat bagian kerennya ;)























langkah 6:
lihat, disana terlihat partisi anda yang hilaaang, waaah ^^
tapi sabar duluu, tunggu sampai proses selesaai, tandai, lalu next





















langkah 7:
lalu pilih Proceed>


langkah 8:
tunggu sampai proses selesai lalu klik OK























langkah 9:
cek partisi anda yang telah ditemukan, hahaha
lihat gambar, semua isi dari partisi percobaan saya masih utuh, haha
























cukup sudah postingan saya kali ini, karena bentar lagi berangkat kuliah, hmehehehhe
semoga bermanfaat bagi kita semua, amin..
tunggu postingan" berikutnya yaaah ^^

33 komentar:

  1. Bagus buat nambah" ilmu w

    teruskan pis....

    wkwkwkwk

    BalasHapus
  2. keren pis,tapi lebih keren lagi kalo g usah di balikin lagi data lo (becanda pis hehehe)

    BalasHapus
  3. gan, gw pake windows xp, problem jg sama partisi k delete, tp klo dah d install ulang lg gmn solusiny???????

    BalasHapus
  4. terima kasih banyak gan 250 gb selamatttt

    BalasHapus
  5. thx Gan tuturnx kejadianya persis ini numpang Unduh.........

    BalasHapus
  6. sori ni gan,,, kok gx bisa ya,, ktika dipilih automatic trus next,, muncul kalimat
    you have no unallocated space to search !
    itu knapa ya,,,?
    thanks

    BalasHapus
  7. matur suwun gan ,slamet .....slamet.....200gg plus data balik maning

    BalasHapus
  8. MAAAAKAAAAASIIIIIIH GAAAAAAAAAAN . . . . . . .

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah... Tadinya panik banget data D hilang ke delete pas mau install ulang XP. Sangat membantu nih artikel.....

    BalasHapus
  10. makasih gan data2 sy temukan kembali, pengalaman yg baikn, pengalaman yg bermanfaat bg orng lain, se x lg trims.

    BalasHapus
  11. maaf gan kalo partisi yang udah kedelete itu udah keburu diinstal lagi dgn windows baru ,ada kemungkinan balik lagi gak ya??plis butuh bgt jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa broo.ini aq baru ajah recovery drive yang ilang.padahal abis aq install ulang kok.amann. . .

      Hapus
  12. Kok gak bs ane instal di system 64bit?

    BalasHapus
  13. alhamdulillah....akhirnya berhasil.data2ku kembali semua....makasih bangett ;-)

    BalasHapus
  14. alhamdulillah..akhirnya berhasil juga...tengkyuuuu gan :)

    BalasHapus
  15. terimakasih sangat membantu, semoga mendapat pahala... amiin.

    BalasHapus
  16. you have no unallocated space to search !
    tu maksudnya apa gan
    plis gan mohon bantuanya

    BalasHapus
  17. thank's banget gan ...data sekolah ku kembali utuh,,,law gak bisa berabe jadinyan di marahin kepalan sekolah.....

    BalasHapus
  18. Thank's gan, sNgat membantu buat pemula sprti ane..

    BalasHapus
  19. bermanfaaaaaaatttt.. makasih gannn

    BalasHapus
  20. gan,, ane kan habis nginstal ulang laptop ke windows 7,, nah pas stelah instal partisinya jadi tinggal 1 ,, totalnya 298 giga,, sebelum di instal ulang ada dua partisi yang D: 200 giga lebih gan,, yang C: nya 100 giga kurang,, apakah msih bsa kembali tuh partisi gan.? ane udah bkin partisi baru gan tapi di F:// 198 giga,, masih bsa gk kembli partisi D: yang dlu.?? trima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  21. bermanfaat banget ;)))))))
    mkash bro :ppppppppp

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Thanks gan atas tutornya,.. :D

    BalasHapus
  24. terimaksih kan atas ilmunya gan setelah berhasil saya langsung sujud sukur dan kembali kejalan yang benar gan

    BalasHapus
  25. gan gue gak jumpa data yang hilang pada langkah yang ke 6??

    BalasHapus